Baca Ini Dulu Sebelum Beli Sony Xperia Neo L

Setelah Xperia Neo, Sony pada tahun 2012 ini sudah menyiapkan Xperia Neo L sebagai pengganti Xperia Neo. Layarnya memiliki lebar 4 inci. Nah, dibandingin sama kompetitornya, Neo L boleh dikata punya punya body yang agak bongsor.

Diotaki oleh OS Ice Cream Sandwich, Neo L saya rasa siap membius pasar smartphone tanah air, apalagi harganya termasuk tidak terlalu mahal, kisaran 2,5juta.

Nah sebelum ente membeli Sony Xperia N L, ada baiknya ente baca dulu nih review dari ane berikut ini.

Pertama dari segi Desain ya.

Dimensi: (WxDxH) : 121 x 61.1 x 12.2 mm; Bobot: 131.5 gram
Desainnya sama dengan Xperia Neo, tapi Neo L hadir punya  tombol fisik yang lebih banyak. Dibawah layar Neo L, ada 4 tombol back, home, menu dan search.

Sebagian besar bodi Neo L terbuat dari plastik dengan lapisan glossy yang licin dibagian belakang. Selain licin dalam genggaman, Neo L juga mudah sekali meninggalkan jejak jari. Kurang Asik menurut ane.

Disisi kanan ponsel terdapat tombol power dan volume. Sementara di sebelah kiri tersemat port micro USB. Terakhir pada bagian atas, Anda akan menemukan port audio jack 3.5mm.

Hardware

Qualcomm MSM8255 Snapdragon  Single Core 1 GHz Scorpion; GPU: Adreno 205; RAM 512MB, 1GB Storage, Up to 32 GB MicroSD Card
Menyasar kelas menengah, Neo L menggunakan prosesor single core 1GHz yang ditunjang oleh RAM sebesar 512MB. Untuk mendukung kinerja grafisnya, Sony menyematkan GPU Adreno 205.

Sementara untuk bekal penyimpanan, Sony menyiapkan memori internal sekitar 1GB yang dapat dipakai oleh pengguna pada kisaran 119MB. Tapi ente gak perlu khawatir karena dalam paket penjualan Sony udah nyediain kartu memori sebesar 2GB.

Interface dan OS

Android 4.0.4, 4.0" 854 x 480 piksel, LED Backlit LCD 16 Juta Warna (~245 ppi)


Punya layar sentuh ukuran 4 inci, si Xperia Neo L ini nyuguhin resolusi menengah dengan kepadatan piksel sekitar 245 ppi. Dibawah cahaya matahari masih keliatan sedikitlah apa yang ada di layar meski ya masih mantulin cahaya juga sih. Sayangnya, dengan layar lebar si Neo L ini ngga dilindungin Antigores Gorilla Glass, sayang bener

Sekarang gw ngomongin interface nih. Ente bisa memilih 7 buah themes yang terdiri dari  silk, turqoise, emerald, sapphire, gold, ruby dan amethyst yang tidak hanya terlihat pada homescreen tapi juga diterapkan ke seluruh antarmuka Timescape yang diadopsi oleh Neo L.

Mengusung Android 4.0 Ice Cream Sandwich, Neo L telah mendukung fitur face unlock berkat kesiapan kamera depan yang dimilikinya.

Kamera dan Video

Kamera: 5 MP, 2592x1944 piksel, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus; Sekunder: VGA, 16:9; video: 720p@30fps

Untuk naris2an, Sony menyiapkan kamera resolusi 5 megapiksel dengan tampilan standar ICS seperti Galaxy Nexus. Sederet pengaturan seperti flash, white balance, tingkat eksposur, scene mode, pilihan resolusi dan mode fokus.

Beda dengan seri Xperia hi-end, kamera Neo L belum dilengkapi dengan sensor  Exmor R sehingga kualitas jepretan yang dihasilkan didalam ruangan memang tak sebaik kamera seri xperia lain yang sudah dibekali dengan sensor tersebut.

Sedangkan untuk merekam gambar bergerak, Neo L  sanggup menghasilkan gambar dengan resolusi 720HD yang tampil mulus dalam format MP4.

Meski sudah menggunakan Android ICS, tampilan galeri Neo L masih ala gingerbread sehingga minus fitur edit foto. Dan apesnya, Sony ternyata juga tidak menyematkan Movie Studio yang merupakan aplikasi editor video default pada ICS.

Multimedia

Audioplayer : AAC, FLAC, M4A, MP3, OGG, WAV;    video player : 3GP, M4V, MP4; Audio Recorder.
Di sektor hiburan, Sony menggunakan pemutar musik yang mengelompokkan lagu berdasarkan album, artist dan trek. Ente juga bisa bikin playlist lagu. Pemutar musik Neo L dilengkapi pula dengan equalizer dan xLoud engine. Sayang sekali, Neo L tidak dilengkapi dengan radio FM.

Untuk pemutar videonya, Neo L sanggup memutar video beresolusi HD720p. Miskinnya dukungan format tentu akan memaksa pengguna untuk menginstal aplikasi tambahan jika ingin menonton video dalam beragam format.

Internet dan Konektivitas

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 HSDPA 900 / 2100; Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v2.1 A2DP, DLNA, dan MicroUSB

Dengan menggunakan browser khas ICS yang disediain, ente bisa membuka 16 tab sekaligus. Browsernya juga sudah mendukung konten flash. Untuk mengakses data, selain lewat Wi-Fi ente bisa menggunakan data operator yang mendukung koneksi HSDPA dan HSUPA masing-masing  dengan kecepatan maksimal 7,2Mbps.

Sedangkan untuk keperluan transfer data, ente dapat memanfaatkan bluetooth dan kabel data.selain itu, ente juga dapat menggunakan koneksi DLNA untuk menonton video secara wireless via TV HD bersertifikasi DLNA.

Fitur Unggulan

Google Play, Google Search, Youtube, Gmail, Timescape, PSM. TrackID
Selain telah dijejali dengan aplikasi native Android seperti Play Store, Google search, youtube, Google maps dan Gmail, Neo L juga telah dibekali dengan Timescape yang menampilkan newsfeed Facebook dan Timeline Twitter secara realtime yang dapat Anda tampilkan sebagai widget interaktif di layar depan.

Sayang sekali untuk mengelola dokumen, Office Suite yang disertakan belum dapat digunakan untuk mengedit serta membuat file baru dalam format doc, excel dan powerpoint.

Untuk hiburan, Anda dapat menggunakan TrackID untuk mencari tahu judul lagu. Sony juga menyematkan Aplikasi Musik & Video yang berisi musik dan video yang dapat dibagikan.

Share this article :
 
 
Support : Creating Website | JT
Copyright © 2011. Drisk House - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by MT
Proudly powered by Blogger